Searching...
Jumat, 07 Februari 2014

TAMAN PINTAR 1 : Gedung Memorabilia

Sumber
Taman Pintar merupakan salah satu objek wisata edukasi yang ada di Kotamadya Yogyakarta, tepatnya di jalan Senopati yang dibuka sejak tahun 2006. Maskot taman pintar adalah burung hantu bernama "Tepi" yang merupakan singkatan dari Taman Pintar. Letaknya sangat strategi, karena berdekatan dengan objek wisata lain. Taman pintar tepat bersebalahan dengan pasar buku shopping. Sebelah utara berbatasan dengan Taman Budaya dan Pasar Beringharjo. Sebelah barat berbatasan dengan Benteng Vredenberg dan jalan Malioboro. Selain itu, lokasi Taman Pintar juga hanya berjarak 100-an meter dari Taman Parkir Senopati.

Tempat ini disebut Taman Pintar karena dapat menjadi wahana bagi siswa mulai dari Taman Kanak-kanak sampai dengan sekolah menengah untuk memperdalam dan atau mempraktekkan pengetahuan yang telah diterimanya di sekolah. Taman pintar meliputi wahana di luar ruangan, gedung PAUD, planetarium, gedung oval, gedung kotak, kawasan desaku permai, dan memorabilia. 

Peta Taman Pintar (sumber)
Pada kesempatan ini, hanya akan diulas tentang gedung memorabilia. Untuk memasuki gedung memorabilia, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 8.000,- untuk anak-anak dan Rp. 15.000,- untuk orang dewasa. Tiket ini sudah berlaku untuk masuk ke gedung oval dan gedung kotak.
Memasuki gedung memorabilia, pertama kita akan memasuki zona sejarah kraton. Di sini terdapat denah Kraton Yogyakarta, lukisan Sultan dari Hamengkubuwono I sampai dengan Hamengkubuwono X, miniatur prajurit kraton yang dilengkapi dengan lampu-lampu yang dapat dinyalakan sesuai dengan nama prajurit, dan patung-patung prajurit kraton. Ruangan ini juga dilengkapi dengan interaktif multimedia yang berisi diantaranya adalah sejarah, raja-raja, kegiatan kraton, bangunan, dan kereta kencana.

Zona Sejarah Kraton (1)
Zona Sejarah Kraton (2)
Zona kedua yang kita masuki adalah zona sejarah tokoh pendidikan, yang meliputi Ki Hajar Dewantoro, Kyai Haji Ahmad Dahlan, Siti Walidah, dan KH Hasyim Azhari. Di sini dipasang foto-foto dari tokoh-tokoh tersebut. Seperti di zona sebelumnya, di sini juga ada interaktif multimedia yang berisi sejarah tokoh-tokoh pendidikan tersebut.

Zona Pendidikan
Zona terakhir yang dilewati di gedung memorabilia adalah zona sejarah presiden. Di sini dipajang foto-foto presiden Indonesia dari mulai Presiden Sukarno sampai dengan presiden Susilo Bambang Yudoyono. Selain itu, di zona ini diantaranya juga terdapat baju dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid, buku-buku, baju dan gitar dari Presiden Susilo Bambang Yudoyono. Di zona ini juga terdapat interaktif multimedia yang berisi sejarah masing-masing presiden Indonesia.

Zona Sejarah Presiden
Gedung memorabilia sangat bermanfaat untuk mempelajari dan atau memperdalam pengetahuan sejarah mengenai kraton Yogyakarta, tokoh pendidikan, dan presiden Indonesia. Selain menambah pengetahuan, gedung memorabilia juga dapat menggugah rasa nasionalisme. 

3 komentar:

  1. Nice info ... :d
    silahkan berkunjung ke http://rizki-nisa.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini blog baru nya ya mas muhammad... good luck dengan niche wisata daerah nya,,,
      salam persahabatan

      Hapus
    2. Ya mas, tadinya hanya untuk eksperimen untuk ganti template blog satunya, trus dilanjutkan saja. Tapi belum sempat diurus ... :)

      Hapus

Silahkan berkomentar yang sopan
jangan tinggalkan link hidup

 
Back to top!